Monday 18 November 2013

Hei Mahasiswa, Jangan Takut Masa Depan

Pemerintah terus berupaya membangun bangsa yang berkarakter melalui pendidikan. Sebagai konsekuensi atas pembangunan bangsa berkarakter, maka bangsa Indonesia juga harus memiliki sifat mandiri.mandiri.

Demikian disampaikan Pakar Pendidikan Indonesia Darmaningtyas dalam kuliah umum bertema “Pemuda sebagai Inisiator Penggerak Indonesia Emas 2045” di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes), belum lama ini.

"Kemandirian bukan hanya soal fisik, tetapi soal mental. Ciri dari bangsa yang mandiri antara lain teguh kepada pendirian sendiri dan tidak mudah tergantung dengan bangsa lain," papar Darmaningtyas, seperti dilansir Okezone, Selasa (12/11/2013).

Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. Menurut Darmaningtyas, di Indonesia terdapat fenomena semakin tinggi pendidikan, semakin rendah kemandirian dan semangat kewirausahaannya. "Maka perlu adanya suatu usaha untuk mengubah mindset tentang kehidupan," jelasnya.

Sebagai penutup, Darmaningtyas mengutip kalimat dari Moh Hatta sebagai pesan kepada para mahasiswa yang hadir. “Hanya suatu bangsa yang telah menyingkirkan perasaan tergantung saja yang tidak takut akan hari depan. Hanya suatu bangsa yang paham akan harga dirinya maka cakrawalanya akan terang benderang,” tutup Darmaningtyas.

Okezone.Com

No comments:

Post a Comment