Thursday 19 April 2012

Kelulusan Ujian Nasional Jadi Prestise Sekolah

Pengamat Pendidikan asal Universitas Negeri Makassar Dr Muh Najib mengatakan tingkat kelulusan Ujian Nasional masih menjadi prestise sekolah.
"Akibatnya, di lapangan terkadang berbagai cara ditempuh baik pihak sekolah maupun siswa untuk mencapai tingkat kelulusan," kata Najib di Makassar.
Ia mengatakan siswa asal sekolah unggulan atau RSBI memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi menghadapi UN dibandingkan sekolah dengan fasilitas dan kemampuan siswa yang hanya pas-pasan.
Karena itu, lanjut dia, tidak mengherankan jika di lapangan hampir setiap tahun ditemukan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oknum siswa ataupun pihak sekolah agar standar kelulusan yang ditetapkan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat dicapai.
"Apalagi tingkat kelulusan UN dapat menjadi prestise sekolah dan mendongkak stutusnya menjadi sekolah favorit yang diminati di kalangan masyarakat," katanya.
Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihak yang berkompeten harus berupaya maksimal UN tingkat SMA dan sekolah sederajat yang dimulai Senin (16/4) dapat berjalan lancar dan objektif.
Sementara bagi siswa maupun pihak sekolah, diimbau untuk mewaspadai beredarnya kunci jawaban UN yang menyesatkan yang dapat menyederai pelaksanaan UN.
Menanggapi hal tersebut, salah seorang kepala sekolah SMA negeri di Makassar M Firman mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti siswanya untuk berlaku jujur dan objektif dalam menjalani UN.
"Apabila ditemukan ada yang melakukan kecurangan, maka kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, termasuk dikeluarkan dari sekolah," katanya.
(Antara | Jumat, 13-04-2012 | 20:00:20)

No comments:

Post a Comment