Friday 5 July 2013

Modifikasi Kurikulum



Abdul Salim, mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih gelar Doktor UNS ke-74 seusai berhasil mempertahankan disertasi di depan Dewan Penguji di Ruang Senat UNS, Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2013).
Di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr. Ravik Karsidi, MS, Abdul Salim mempertahankan disertasinya berjudul Model Modifikasi Kurikulum dan pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Anak Dengan Keterbatasan Potensi Intelektual di Sekolah Dasar Inklusif. Abdul Salim berhasil memperoleh nilai, 3,75 dengan predikat cum laude.
Dalam disertasinya, Abdul Salim mengungkapkan bahwa ada persoalan mendasar yang sering dihadapi oleh pelaksana pendidikan inklusif di lapangan terutama guru tentang bagaimana memberikan pelayanan pendidikan dan pembelajaran yang tepat kepada Anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif.
Berdasarkan hasil survei, kata Salim, ada sebanyak 71,05 persen guru pembimbing khusus yang kurang baik memahami tentang konsep pendidikan inklusif. Hanya 28,94 persen yang baik. Begitu pula kemampuan guru pembimbing khusus tentang pembelajaran kompensatoris yang termasuk baik hanya sebanyak 10,52 persen, sedang 89,47 persen lainnya kurang baik.
"Bahkan umumnya atau 92,10 persen guru pembimbing khusus kurang mampu mengelola kelas inklusif. Sedang yang baik hanya 7,89 persen," jelasnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment