Wednesday 24 July 2013

Trik Jitu Tembus Kuliah ke Luar Negeri

JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar buka puasa bersama penerima beasiswa Bidik Misi ITB dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Republik Indonesia Dr. M. Sohibul Iman dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Ridwansyah Yusuf Achmad. Tidak ketinggalan, acara buka puasa bersama ini dibuka oleh Rektor ITB Prof. Dr. Akhmaloka.

Sebelum acara buka puasa bersama dimulai, diadakan pula diskusi mengenai kiat menuntut ilmu di negeri asing dan bagaimana menjadi mahasiswa aktif yang berbasis kompetensi. Kedua topik tersebut dibawakan oleh Sohibul dan Ridwansyah.
Sempat mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) selama tiga semester, Sohibul Iman memutuskan untuk menyelesaikan seluruh pendidikan tingginya, mulai dari S-1 sampai dengan S-3 di Jepang. Bertolak dari pengalaman bertahun-tahun menimba ilmu di negeri sakura, tentu hal tersebut memberikan cerita tersendiri bagi Sohibul yang diharapkan mampu memompa semangat para penerima beasiswa Bidik Misi ITB angkatan 2013.
Dia mengatakan bahwa menjadi mahasiswa aktif berbasis kompetensi, bisa dibuktikan dengan catatan organisasi yang pernah dia ikuti, antara lain Institute for Science and Technology Studies (ISTECS), Yayasan Pendidikan Nurul Fikri (YPNF), Hokuriku Scientific Forum (HSF), Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI), Yayasan Inovasi Teknologi (YIT), dan lain-lain.
”Tidak menjadi masalah seperti apa negeri asing tempat kita menimba ilmu, semuanya tergantung dari motivasi dan tujuan awal kita berangkat. Satu lagi, kita harus mampu menciptakan lingkungan yang baik agar tidak terjerumus pergaulan yang buruk,” ujarnya yang dilansir dari laman ITB, Rabu (24/7/2013).
Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi bersama Ridwansyah Yusuf Achmad, yang juga akrab dipanggil Kang Ucup. Alumnus Teknik Perencanaan Wilayah Kota yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Keluarga Mahasiswa ITB tersebut, turut berbagi pengalamannya menimba ilmu di luar negeri, kali ini di negeri Tulip. Selain sibuk menempuh master Governance, Policy, and Political Economy di Institute of Social Studies of Erasmus University Rotterdam kang Ucup juga diamanahi menjadi Sekretaris Jenderal PPI Belanda.
Dia memberikan beberapa tips untuk menjaga semangat berkuliah di luar negeri, antara lain adalah fokus, yakin, dan bernyali besar. ”Keyakinan merupakan langkah pertama, meskipun ketika itu kita tidak bisa melihat jalan kita. Tidak ada mimpi yang terlalu jauh, yang ada adalah usaha yang terlalu sedikit.” tutupnya. (okz)

No comments:

Post a Comment