Saturday 24 March 2012

Keberadaan RSBI Langkah Tepat Tingkatkan SDM

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Suryadi Su'ud, menilai keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sebagai langkah tepat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.
"RSBI memang diperuntukkan bagi siswa yang pintar dengan fasilitas lebih lengkap dibandingkan dengan sokolah lainnya, sehingga bagi siswa yang akan masuk ke sekolah itu harus lebih giat belajar dari sekarang," ujarnya di Koba.
Pernyataan Suryadi menanggapi statemen Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suyanto yang menyatakan RSBI merupakan cermin penyelenggaraan pendidikan yang berkeadilan kepada siswa yang memiliki keunggulan akademik di atas rata-rata nasional.
"Saya setuju dengan pernyataan itu karena di dalam agama Islam keimanan masyarakat juga dibedakan dalam tiga kelas yakni kelas atas, menengah dan kelas bawah dan posisi mereka tentunya berbeda," ujarnya.
Menurut dia, keberadaan RSBI merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah pusat untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang handal, sehingga mampu bersaing dengan negara lain dalam berbagai bidang.
"Saat ini persaingan semakin ketat, apalagi memasuki era globalisasi seperti sekarang ini, sehingga setiap negara harus menyusun setrategi untuk menyiapkan generasi mudanya sehingga tidak menjadi penonton di negerinya sendiri," ujarnya.
Ia mengatakan, bagi kedua orang tua yang menginginkan anaknya untuk duduk di bangku sekolah yang berbasis RSBI, maka mereka harus memacu anaknya supaya terus belajar dengan giat agar kecerdasannya menjadi di atas rata- rata.
"Para siswa juga harus terus berusaha dan memotivasi diri untuk lebih giat belajar karena kecerdasan itu tidak dapat diraih dengan berdiam diri tanpa belajar dengan giat dan lainnya," ujarnya.
Untuk itu, kata dia, melalui keberadaan RSBI tersebut diharapkan kepada seluruh pihak terkait agar tidak berburuk sangka dengan pemerintah pusat yang membeda-bedakan tingkat kecerdasan para siswa satu dengan yang lainnya karena semua itu demi kebaikan bangsa sendiri.
"Akan seperti apa bangsa kita ke depannya dapat dilihat dari kondisi generasi muda saat ini, sehingga saya berharap keberadaan RSBI untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas mampu membawa bangsa Indonesia lebih baik dibandingkan saat ini," ujarnya.
(Antara | Senin, 12-03-2012 | 21:31:23)

No comments:

Post a Comment